Sekarang, kita kembali kepada diri Anda. Jika anda berada di dalam ruang kelas tadi, manakah gaya belajar yang cocok untuk Anda? Atau, manakah yang kira-kira merupakan kecenderungan gaya belajar anak Anda?

Penelitian Fleming model membagi tiga jenis gaya belajar yaitu visual, taktil-kinestetik, dan auditory Jika di ruang kelas tadi Anda termasuk murid yang menyukai pembelajran dengan bantuan alat peraga, besar kemungkinan Anda dalah tipe pembelajar visual. Jika demikian Anda juga senang jika menyerap informasi dalam bentuk penyajian gambar, diagram, grafik, atau tayangan video, terlebih lagi jika di sertai dengan warna-warni menarik. Coba perhatikan bentuk catatan di buku Anda. Biasanya, pembelajaran visual sangat senang memberi stabilo pada kata-kata penting-plus di bedakan dengan warna-warni. Mereka akan lebih mudah membaca dengan bantuan simbol-simbol sebagai pengganti teks.

Jika di ruang kelas tadi Anda merasa cukup hanya dengan menyimak keterangan guru  dan bisa menangkap informasi dengan baik melalui pendengaran, besar kemungkinannya bahwa Anda adalah tipe pembelajaran auditory. Jika demikian, Anda lebih senang jika menyerap informasi dalam bentuk audio, ceramah/literature, mendengarkan dongeng. Biasanya, pembelajar auditory bisa keras-keras apa yang sedang ia baca.

Lalu, bagaimana jika Anda bukan temasuk kedua tipe itu? Bisa jadi anda masih sulit mengembangkan logika untuk menghubungkan bagaimana car kerja system pencernaan di dalam tubuh meskipun sudah mendapatkan penjelasan dengan alat peraga dan sudah mendengarkan penjelasan dengan baik. Apakah anda semakin lama  menjadi kehilangan konsentrasi sehingga Anda menjadi tidak betah duduk berlama-lama di kelas?

Jika Anda tidak bertemu dengan jenis Guru A yang bijaksana memahami kesulitan Anda, sangat mugkin nasib anda dengan nasib jutaan para pembelajar kinestetik yang sering dicap nakal karena tidak mau diam. Bagaimana cara mengatasinya? Ternyata, Anda termasuk tipe pembelajar taktil-kinestetik. Melalui sentuhan yang memliki indra perabaan, Anda menjadi paham letak susunan oragan pencernaan tubuh dan menggiring logika anda mengetahui lokasi akan lebih mudah menyerap informasi jika bisa langsung menyentuh, meraba, dan mempraktikkan sesuatu ke dalam ekspresi gerakan.

Ketiga jenis gaya belajar ini juga akan dipengaruhi gaya berpikir tipe spatial yang dipengaruhi otak kanan atau pada gaya berpikir tipe logika yang dipengaruhi otak kiri. Tipe spatial memiliki ciri-ciri berpikir holistic, imajinatif, intuisi, subjektif, nonstructural. Sementara itu, tipe logical memiliki ciri-ciri berpikir analitik, factual, kronologikal, dan memahami keseluruhan informasi setahap demi setahap.

Sebagai contoh, anda adalah tipe pembelajar visual-spatial yang menyenangi bentuk gambar dan berkombinasi dengan visual-logika yang berfokus pada bentuk. Pada saat menyerap informasi tayangan visual alat peraga berwarna itu akan merangsang saraf sensoris ke bagian otak accipital lobe (yang terkait dengan fungsi visual) ketika guru biologi tadi mengilustrasikan apel yang masuk ke dalam mulut.

Pada kasus itu, otak kanan Anda mulai menciptakan imajinasi apel di kepala Anda. Anda mulai membayangkan secara spasial dinamika perjalanan panjang apel di sitem pencernaan tubuh. Kemudian, ketika sang guru memberi analogi perbandingan antara system kerja pencernaan dengan system kerja mesin, otak kiri Anda mulai menganalisis. Otak kiri mencari keterkaitan secara logis bagaimana hubungan antara system kerja pencernaan sn system kerja mesin mobil, apakah ada persamaan sekaligus perbedaan di antara cara kerja kedua system tersebut? Begitulah cara kerja kombinasi tipe pembelajar visual.

Jadi, Anda atau anak Anda temasuk ke dalam tipe gaya yang mana? Setelah membaca buku ini, Anda bisa menganalisis sendiri jenis gaya belajar mana yang cocok dengan Anda atau anak Anda. Hasilnya bisa Anda cocokkan dengan informasi genetic dari finger print analysis untuk mendeteksi gaya belajar sebenarnya yang cocok untuk Anda atau anak Anda.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *