Apa yang menyebabkan ada nya banyak kesamaan di antara umat manusia sedunia, misalnya kesamaan kemampuan berbahasa, integritas, loyalitas, dan aktualisasi terhadap kelompok sosial? Perpektif psikologi yang terkait dengan evolusi memandang bahwa kesamaan-kesamaan tersebut sebagian berkaitan dengan karakter genetis yang berkembang selama sejarah evolusi spesies kita.

Ahli genetika Inggris Steve Jones (1994) menuliskan, “Setiap gen adalah pesan dari nenek moyang kita dan gen-gen tersebut menceritakan kisah yang utuh mengenai evolusi manusia”.

Untuk membaca pesan-pesan dari masa lalu sebagaimana yang tersimpan di dalam gen-gen kita, hal pertama yang perlu dipahami adalah hakikat evolusi. Pada dasarmya, evolusi (evolution) merupakan suatu perubahan yang secara umum berlangsung pada banyak generasi. Meningkatkan atau berkurangnya frekuensi munculnya gen-gen yang memengaruhi sifat-sifat tertentu dalam suatu populasi tertentu sejalan dengan meningkatkan atau berkurangnya frekuensi munculnya gen-gen yang memengaruhi sifat-sifat tersebut. Tampaknya, perkembangan seperti ini  dapat menjelaskan perubahan-perubahan yang berlangsung pada spesies tertentu. Ketika perubahan yang terjadi sudah cukup besar hal itu akan mengakibatkannya spesies baru.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *